Rabu, 05 Juni 2013

Kemiri Dairi Produksi 7.238 ton



Kemiridairi.com._Petani di 15 kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dewasa ini masih tetap melestarikan tanaman buah kemiri dan menjadi salah satu andalan hasil bumi di tanah suak pakpak.


Salah seorang petani Kemiri, Josef Sitohang (35) di Desa Ramba Sere, Kecamatan Tigalingga, Minggu, mengatakan, harga jual buah kemiri kulit itu, tak ada nilainya pada tahun lalu  hanya berkisar Rp600 per kilogram. Namun sekarang Rp.6000 dan harga penolakan yang telah di kupas Rp.20.000 rupiah di pasaran ditingkat eceran hari ini Rp. 22.000.

Namun, katanya, tanaman kemiri itu, dewasa ini masih tetap menjadi salah satu komiditi yang tetap dipertahankan kelangsungan budidayanya oleh petani di Pakpak Bharat, karena termasuk jenis tanaman keras yang diminati masyarakat.
“Buah kemiri ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat, selain untuk bumbu penyedap masakan, juga dapat dibuat untuk minyak dan lain sebagainya,” ujarnya.
Dia mengatakan, meski pada era pertanian saat ini, banyak sesama rekannya petani yang ramai-ramai beralih menanam tanah dan kebun milik mereka dengan coklat, kopi, dan jeruk.
Namun dia, tida akan mudah terpancing ikut-ikutan dengan mereka yang menanam tanaman bernilai ekonomis tinggi itu, dan sangat laku di pasaran.
“Saya saat ini, masih tetap menyediakan beberapa meter tanah yang khusus menanam tanaman buah kemiri.Tanaman kemiri ini tidak akan pernah digantinya dan tetap dibudidayakannya,” ujar petani buah kemiri yang sudah belasan tahun itu.
Lebih lanjut dia menambahkan, tanaman buah kemiri yang ada di lahan perkebunannya saat ini seluas 1 hektare.Tanaman keras ini, masih tetap dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan hasil yang cukup banyak. Dari hasil menjual buah kemiri ini, dia bisa membiayai hidupnya dan membeli berbagai kebutuhan rumah tangga. 

Tanaman buah kemiri ini juga dapat memberikan manfaat cukup besar bagi dirinya dan sampai saat ini masih tetap dipertahankan.Tanaman kemiri ini juga perawatannya sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar,

Data yang di himpun kemiri dairi.com, Kabupaten Dairi memiliki luas 4.178 hektare tanaman kemiri dan produksi 7.238 ton.
Tanaman buah kemiri ini, terdapat di Kecamatan Sidikalang, Berampu, Parbuluan, Sumbul, Silima Pungga pungga, Lae Parira, Siempat Nempu Hilir, Tigalingga, Gunung Sitember dan Pegagan Hilir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar